5 Tips Ampuh Amankan Data Pribadi Dalam Akun Facebook

Penggunaan media sosial untuk sarana promosi memang tak bisa dipungkiri memiliki dampak yang bagus untuk sebuah bisnis. Ada banyak pengguna media sosial yang bisa Anda jadikan target dalam bisnis sehingga bisa lebih memudahkan jalannya bisnis yang sedang Anda rintis tersebut.

Namun pernahkah Anda berpikir tentang data pribadi Anda yang ada di dalam Facebook? Banyak orang yang mengalami pencurian data pribadi ketika akun Facebook mereka di retas oleh pihak yang memiliki kepentingan untuk hal tersebut. Data pribadi umumnya berisi nama, alamat rumah, tempat tanggal lahir hingga beberapa keterangan pribadi yang bisa dijadikan sebuah petunjuk dalam memecahkan password.

Beberapa Tips Untuk Amankan Data Pribadi Dalam Facebook

Ada alasan tersendiri mengapa Kita harus lebih waspada terhadap keamanan data pribadi Kita yang tersimpan dalam akun Facebook. Diantaranya adalah karena biasanya Kita menggunakan data pribadi Kita untuk menjadi password suatu hal yang penting. Seperti misalnya penggunaan tanggal lahir atau nomer rumah untuk petunjuk dalam pembuatan password pin ATM. Biasanya data pribadi inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para hacker untuk meretas akun bank seseorang.

Untuk itulah mengapa perlu disadari bahwa pengamanan data pribadi dalam akun Facebook dan juga akun media sosial lainnya harus benar-benar ada pengamanan secara khusus dari pihak pengelola media sosial dan juga pemilik akun itu sendiri. Dan ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk melakukan pengamanan dari data pribadi tersebut. Berikut beberapa ulasan singkat tentang cara yang bisa Anda lakukan tersebut.

  1. Aktifkan fitur keamanan ekstra

Dalam akun Facebook kini sudah ada fitur keamanan ekstra untuk memudahkan para pengguna Facebook dalam menjaga data pribadi yang tersimpan dalam Facebook. Untuk mengaktifkannya Anda hanya perlu melakukan setting atau pengaturan secara khusus. Kini banyak akun media sosial yang menggunakan sistem pengamanan ekstra atau yang disebut sistem pengamanan autentikasi dua faktor.

Cara bekerja sistem pengamanan ekstra ini cukup mudah dipahami yaitu ketika Anda berusaha masuk ke dalam akun Facebook dengan menggunakan perangkat lain yang tak biasa Anda gunakan. Kemudian secara otomatis akan langsung mengirimkan email yang memberitahukan bahwa akun Facebook Anda sedang dibuka pada saat itu. Anda akan diminta untuk memasukkan tanda bahwa yang sedang log in adalah benar-benar diri Anda sendiri.

  1. Aktifkan notifikasi pemberitahuan

Nah untuk cara atau tips yang kedua bisa Anda lakukan dengan mengaktifkan notifikasi pemberitahuan ketika akun media sosial Anda yaitu Facebook sedang di gunakan oleh seseorang. Terkadang meskipun Kita sudah mengaktifkan sistem pengamanan autentikasi 2 faktor namun ketika notifikasi yang ada dalam perangkat tak Kita aktifkan maka pemberitahuan akan sampai pada Kita namun dalam kondisi terlambat.

Untuk itulah mengapa sangat perlu adanya pengaktifan notifikasi yang akan masuk ketika ada yang sedang menggunakan media sosial Anda pada waktu Anda sendiri tak menggunakannya atau justru menggunakan media sosial dengan menggunakan perangkat komputer dan gadget lainnya.

  1. Lakukan log out dari aplikasi Facebook dari perangkat

Jika Anda terbiasa menggunakan ponsel pintar atau smartphone Anda untuk melakukan log in akun Facebook maka hal itu bisa jadi lebih aman untuk Anda karena hanya Anda yang bisa menggunakan perangkat tersebut. Namun berbeda kasusnya jika Anda sering melakukan log in akun Facebook dengan menggunakan perangkat atau gadget lainnya.

Seperti misalnya ketika Anda menggunakan perangkat komputer milik kantor untuk log in akun Facebook Anda. Karena posisinya yang berada di tempat umum dimana semua orang bisa melihat dan mengakses apa saja yang ada disana. Maka sebaiknya Anda lakukan log out setiap kali Anda membuka akun Facebook di komputer tersebut. Dengan demikian akan mencegah orang lain untuk bisa menggunakan akun Facebook Anda tanpa seizin Anda.

  1. Pelajari cara lindungi password

Jika Anda pernah membuat kata sandi atau password tentunya Anda ingat tentang bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk melindungi kata sandi atau password untuk akun media sosial tertentu. Pihak pengelola akun media sosial tentunya sudah memikirkan tentang bagaimana cara untuk melindungi kata sandi yang dimiliki oleh para pengguna Facebook agar supaya lebih aman dan tak disalahgunakan oleh orang lain.

Cara untuk melindungi kata sandi bisa dilakukan dengan menggunakan cara seperti menghindari membuat kata sandi atau password dengan menggunakan data pribadi yang bisa dengan mudah ditebak atau diketahui dari kartu identitas Anda. Kini ketika Anda membuat kata sandi atau password biasanya aplikasi memiliki fitur khusus untuk menguji apakah kata sandi yang Anda buat memiliki kekuatan yang mampu menjaga kerahasiaannya untuk tetap terjaga dengan baik serta tak mudah dibobol oleh orang lain.

  1. Cek log aktivitas

Jika Anda curiga bahwa ada seseorang yang tengah masuk ke dalam akun Anda dan melakukan berbagai hal didalamnya. Anda bisa mengeceknya dengan melihat log aktivitas yang direkam oleh Facebook. Akun Facebook dikenal sebagai akun media sosial yang bisa memantau para penggunanya sehingga mengetahui momen spesial apa saja yang dilalui oleh pengguna Facebook.

Adakah Tips Paling Efektif Untuk Menjaga Kerahasiaan Data Pribadi Kita Dalam Akun Media Sosial?

Saat ini banyak orang yang memiliki akun media sosial yang tentunya data pribadi mereka pun banyak yang tersimpan dalam media sosial tersebut. Dan hal yang paling banyak dimanfaatkan oleh para hacker adalah ketika masyarakat masa kini dengan mudahnya mau ikuti instruksi yang datang untuk memasukkan data pribadi dalam sebuah aplikasi.

Agar supaya data pribadi Anda lebih aman, sebaiknya hindari memasukkan data pribadi secara sembarangan ketika ada aplikasi atau website yang meminta Anda untuk memasukkan keterangan dan data pribadi yang Anda miliki. Demikian beberapa tips yang efektif untuk lindungi data pribadi Anda dalam akun Facebook.


Comments are closed